7 Manfaat Membangun Blog Secara Gratis

Manfaat Membangun Blog
Ubah Hobi Anda Menjadi Penghasilan!

Manfaat Membangun Blog - Blogger adalah layanan yang menyediakan dan menerima blog multi-pengguna secara gratis yang dikembangkan oleh pyra labs. Setelah itu seiring dengan berkembangnya teknologi blogger menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh banyak orang sebagai media penulisan yang lazim disebut dengan blogging. sangkin popularitas, akhirnya google tertarik dengan perkembangan yang dimiliki oleh blogger dan dibeli oleh perusahaan google pada tahun 2003.
 
Jika kalian sudah sering mendengar tentang blog, coba jelaskan dalam hati apa artinya blog, seperti apa blog itu, tapi menurut saya hanya segelintir orang saja yang bisa menjawabnya dengan benar dan tepat. Menurut saya blog adalah web yang dibangun untuk umum sebagai media kreatif dalam menulis sehari-hari yang bermanfaat untuk banyak orang karena bisa diakses melalui internet dan bisa tampil di mesin pencari google yang biasa digunakan oleh banyak orang sebagai alat untuk memperoleh informasi.
 
 
Berbagai alasan orang atau perusahaan menggunakan blog yaitu sebagai alat bisnis online, seperti jika suatu perusahaan ingin memasarkan produknya secara online dengan menuliskannya di blog demi meningkatkan awareness dari audience yang lebih besar agar dapat diketahui oleh banyak orang. jadi blogger merupakan alat multiguna yang sangat berguna untuk kita gunakan.
 
Selain itu, anda pasti bertanya-tanya apakah benar kita bisa mendapatkan penghasilan dari blog online? tentu bisa, apalagi jika anda pengguna blogger, tentunya sudah membaca informasi tentang blogger yang berbunyi “ubah hobi anda menjadi penghasilan”. jika anda paham dengan kalimat itu pasti sudah mengerti apa maksudnya. 
 

Manfaat Membangun Blog


Banyak manfaatnya jika kita menggunakan blog apalagi bisa berguna bagi banyak orang! bisa dipastikan sumber penghasilannya berasal dari sana karena banyak pengunjung yang mampir di blog anda. Berikut ini adalah rangkuman 7 Manfaat Membangun Blog Secara Gratis :

1. Berbagi Ilmu Pengetahuan


Share tulisan, baik berupa pengetahuan, cerita maupun pengalaman sehingga orang lain yang sedang mencari topik tertentu bisa menemukan tulisan kamu. biasanya tulisan yang dicari adalah tulisan yang memberikan manfaat dan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah. Contoh seperti jika anda ingin mencari sumber informasi tentang kesehatan di internet anda pasti mencari kata kunci di google. maka dengan itu bagi yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan bisa menulisnya di blog agar bisa terindex dan dapat dicari di mesin pencari google. Mungkin tulisan anda adalah solusi bagi mereka dan itu merupakan salah satu poin penting yang dapat meningkatkan kualitas blog anda bagi penilaian google.
 

2. Belajar Memodifikasi Blog


Biasanya jika kita adalah penggiat blog tentunya sudah tidak asing lagi untuk memodifikasi blog kita sendiri. Mulai dari mengedit layout di dashboard bahkan mengedit kode di theme untuk menampilkan hasil yang diinginkan. dari sini kita bisa belajar dan mengenal blogger lebih dekat lagi, bagaimana proses desain di blog berjalan dengan baik atau tidak. Itu semua tergantung bagaimana kita membangun blog yang baik dan benar agar memberikan kesan yang menarik dan bisa menghasilkan dari situ.
 
 

3. Mempunyai Website Blog Sendiri


Blog juga dapat dikatakan seperti website tergantung bagaimana anda mengolahnya dengan benar. seperti halnya website atau jurnal, blog juga memiliki struktur yang kuat dan tidak kaku. hal ini karena blog menawarkan berbagai macam desain dan bentuk, apalagi dengan pembaruan yang rutin. namun, ada fitur standar dan terstruktur yang akan anda perhatikan saat membuka dan membaca blog. memiliki website atau blog sendiri merupakan salah satu bentuk sosialitas yang baik karena multi fungsi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan sosial.

4. Melatih Kemampuan Berpikir


Ada pepatah umum yang mengatakan bahwa rencana bukanlah rencana jika itu masih ada di kepala anda. rencana menjadi rencana saat anda menuliskannya. Dengan memiliki blog dan mengisinya secara rutin, anda akan terbiasa merumuskan apa yang ingin anda tulis. dengan cara ini anda melatih dan menjadi terbiasa membangun struktur pemikiran anda dengan baik sehingga orang lain mengerti apa yang ingin anda katakan. hal yang penting adalah tidak ada syarat seorang blogger harus menjadi pemikir yang hebat, namun dengan banyak latihan dan membiasakan diri untuk berfikir dan mengkomunikasikannya bukan tidak mungkin kita akan segera melihat banyak sastrawan terkenal dan pemikir jenius yang lahir dari kebiasaannya menulis blog.
 

5. Memberikan Sense Of Purpose


Memiliki blog memberi anda sesuatu untuk dijaga dan dipelihara. sesuatu yang anda awasi dan dapat melihat perkembangannya. saat memiliki dan membangun blog maka kita akan sering menemukan diri untuk berpikir, apa yang akan saya tulis di blog hari ini, apa yang bisa saya tambahkan, mungkin halamannya memerlukan desain baru atau mungkin ada teman yang berkomentar pada entry blog anda dan bisa sharing pemikiran disitu. disana terkadang kita memiliki sense of purpose jika kita benar-benar membangunnya dengan mindset yang baik. jadi dengan perkembangannya dari hari ke hari bahkan bertahun-tahun tentunya blog kita akan bersahabat dengan pengunjung dan menjadi terkenal.
 

6. Memperluas Pengetahuan Umum


Ketika anda mencoba memberikan informasi dan opini kepada pembaca melalui postingan di blog anda, yang harus anda lakukan adalah melakukan penelitian terhadap data dan fakta topik yang akan anda tulis agar informasi dan opini yang anda berikan seminimal mungkin dan bersifat sesuai dengan fakta yang ada. saat anda mencoba menuliskan topik dan mencari data, pada saat itulah anda juga mendapatkan berbagai informasi tambahan dari berbagai sumber. Jika anda sering melakukan ini, maka perlahan-lahan anda juga akan memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan umum anda. ini adalah salah satu manfaat paling menonjol dari ngeblog bagi kebanyakan blogger, termasuk saya.
 

 7. Menjadi Sumber Penghasilan


Ngeblog merupakan salah satu hobi yang bisa menghasilkan pendapatan. tidak selalu berarti apa yang tertulis atau diucapkan itu omong kosong, tetapi bisa juga digunakan untuk mencari uang tambahan, bahkan menjadi sumber penghasilan utama. sekarang tergantung bagaimana anda mengelolanya dengan baik dan benar serta dapat bermanfaat bagi banyak orang agar ramah pengunjung. bagi anda yang masih pemula tidak perlu membayar untuk blogger karena blogger menyediakan layanan gratis berupa domain dengan nama.blogspot.com dan bisa juga dialihkan ke domain yang anda inginkan seperti www.nama.com agar lebih profesional tetapi ini memiliki biaya untuk membeli domain ke layanan yang menyediakan hosting. 


Kesimpulan


Intinya walaupun kita menggunakan domain gratis, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dan bisa bersaing dengan penggiat blogging lainnya. Sekarang kuncinya adalah bagaimana kita mengelola blog sebaik mungkin dan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari sana kita bisa mendaftarkan blog kita ke google adsense untuk menjadi publisher adsense di bidang periklanan. Tapi itu semua tergantung apakah blog anda memenuhi kriteria regulasi yang diberikan oleh adsense. jika blog memenuhi kriteria yang diinginkan, sudah pasti blog anda akan diterima oleh pihak adsense. kemudian situs web anda siap untuk menampilkan iklan, proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, namun terkadang dapat memakan waktu hingga 2 minggu. jika sudah disetujui maka mulailah menghasilkan uang dengan memasang iklan di blog yang anda bangun.
 

Penutup


Pentingnya blog telah diakui bahkan sampai saat ini. awalnya, blog seperti diari. namun dalam perkembangannya, manfaat ngeblog jauh lebih banyak lagi jika kita sadari banyak yang mendapatkan manfaat dari blog dan menjadi sumber penghasilan untuk mendapatkan uang, jika sobat pintar mengelolanya. itulah manfaat ngeblog dari "art of thinking".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url