Membuat Aplikasi Inspeksi Produk Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript


Dalam aplikasi bisnis, penting untuk memantau kualitas produk yang diproduksi agar sesuai dengan standar dan memenuhi kebutuhan konsumen. Inspeksi produk memegang peran penting dalam proses pemantauan ini.

Dalam aplikasi bisnis, penting untuk memantau kualitas produk yang diproduksi agar sesuai dengan standar dan memenuhi kebutuhan konsumen. Inspeksi produk memegang peran penting dalam proses pemantauan ini.

Dalam tutorial ini, kita akan membahas bagaimana membuat aplikasi inspeksi produk menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Kita akan membuat form input untuk menambahkan data inspeksi produk dan tabel untuk menampilkan data inspeksi produk yang sudah diinputkan. Kita juga akan menambahkan validasi input dan fungsi edit dan hapus data.

Apa itu inspeksi produk?

Inspeksi produk adalah proses pemeriksaan kualitas produk yang dilakukan untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Inspeksi produk sangat penting dilakukan karena memastikan bahwa produk yang akan dipasarkan memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga dapat menjaga reputasi perusahaan dan meminimalkan risiko produk cacat atau tidak sesuai dengan harapan konsumen.

Mengapa inspeksi produk penting?

Proses inspeksi produk biasanya dilakukan dengan melakukan serangkaian pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan visual, pemeriksaan uji fungsional, dan uji laboratorium. Pemeriksaan visual dilakukan untuk mengecek kelengkapan aksesoris dan memastikan produk tidak memiliki cacat visual. Pemeriksaan uji fungsional dilakukan untuk mengetes produk untuk memastikan produk berfungsi sesuai dengan spesifikasi. Uji laboratorium dilakukan untuk memastikan produk memenuhi standar kualitas yang ditentukan seperti standar keamanan, standar lingkungan, dan standar lainnya.

Setelah melalui proses inspeksi produk, hasil inspeksi akan dicatat dan disimpan untuk dapat digunakan sebagai acuan bagi proses produksi berikutnya dan untuk melakukan perbaikan jika diperlukan.

Cara Membuat Aplikasi Inspeksi Produk Menggunakan HTML, CSS dan JavaScript

Untuk membuat aplikasi inspeksi produk menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Membuat form input:

  • Buat form input dengan tag <form> dan memberikan ID pada form tersebut, misalnya form-inspeksi.
  • Buat label dan input untuk setiap field data inspeksi seperti nomor seri, tanggal produksi, tanggal inspeksi, tanggal diterima konsumen, kondisi, ukuran, dan kualitas cetakan.
  • Buat tiga tombol untuk menambah, memperbarui, dan menghapus data inspeksi.

Membuat tabel:

  • Buat tabel untuk menampilkan informasi inspeksi dengan tag <table>.
  • Buat <thead> untuk memberikan header pada tabel, dan <tbody> untuk menampilkan data inspeksi.
  • Berikan ID pada <tbody>, misalnya daftar-inspeksi, sebagai target dari JavaScript untuk menambah, memperbarui, dan menghapus data.

Membuat JavaScript:

  • Buat variabel array untuk menyimpan data inspeksi.
  • Buat fungsi untuk menambah data inspeksi yang dipanggil oleh tombol 'Tambah'. Fungsi ini akan menambahkan data baru ke dalam array data inspeksi.
  • Buat fungsi untuk memperbarui data inspeksi yang dipanggil oleh tombol 'Ubah'. Fungsi ini akan mengubah data yang dipilih pada array data inspeksi.
  • Buat fungsi untuk menghapus data inspeksi yang dipanggil oleh tombol 'Hapus'. Fungsi ini akan menghapus data yang dipilih pada array data inspeksi.
  • Buat fungsi untuk menampilkan data inspeksi pada tabel.

Dengan demikian, kita sudah berhasil membuat aplikasi inspeksi produk menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Dalam kode yang diberikan, CSS digunakan untuk styling tabel dan JavaScript digunakan untuk menambah, memperbarui, dan menghapus data inspeksi serta menampilkan data inspeksi pada tabel.

Contoh Aplikasi Data List Hasil Inspeksi Produk Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript

Ini adalah contoh kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk membuat aplikasi data list hasil inspeksi produk. Pertama, kita membuat halaman web dengan tag HTML <!DOCTYPE html>, <html>, <head>, dan <body>. Dalam tag <head>, kita menambahkan judul halaman web dengan tag <title> dan menambahkan styling tabel dengan CSS. CSS digunakan untuk membuat tabel menjadi lebih bagus dan mudah dibaca.

Tag <body> berisi form input data inspeksi produk dengan tag <form> dan tag <label>, <input>, dan <select> untuk menambahkan elemen form. Terdapat juga tombol tambah, ubah, dan hapus data inspeksi produk dengan tag <button>. Tombol tambah memanggil fungsi JavaScript "tambahDataInspeksi()", tombol ubah memanggil fungsi "ubahDataInspeksi()", dan tombol hapus memanggil fungsi "hapusDataInspeksi()".

Setelah form input data, kita membuat tabel untuk menampilkan daftar hasil inspeksi produk. Tabel ini terdiri dari tag <table>, <thead>, <th>, <tbody>, dan <td>. Tag <thead> digunakan untuk menambahkan header tabel, dan tag <tbody> digunakan untuk menambahkan data tabel. Tag <td> digunakan untuk menambahkan data ke dalam tabel, dan tag <th> digunakan untuk menambahkan header kolom tabel.

Dalam bagian JavaScript, kita membuat array "dataInspeksi" untuk menyimpan data inspeksi produk. Array ini berisi objek yang masing-masing menyimpan data nomor seri, tanggal produksi, tanggal inspeksi, tanggal diterima konsumen, kondisi, ukuran, dan kualitas cetakan produk. Kemudian, kita memanggil fungsi JavaScript untuk menambah, ubah, dan hapus data inspeksi produk. Fungsi ini digunakan untuk mengolah data dan menampilkan data di tabel.



Kode ini adalah sebuah program JavaScript yang digunakan untuk memanajemen data inspeksi materai. Terdapat beberapa kode yang digunakan seperti kode:

1. HTML


<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>Aplikasi Data List Hasil Inspeksi Materai</title>
    <style>Kode CSS</style>
  </head>
  <body>
    <h1>Aplikasi Data List Hasil Inspeksi Materai</h1>
    <form id="form-inspeksi">
      <label for="nomorSeri">Nomor Seri:</label>
      <input type="text" id="nomorSeri" name="nomorSeri"><br>
      <label for="tanggalProduksi">Tanggal Produksi:</label>
      <input type="date" id="tanggalProduksi" name="tanggalProduksi"><br>
      <label for="tanggalInspeksi">Tanggal Inspeksi:</label>
      <input type="date" id="tanggalInspeksi" name="tanggalInspeksi"><br>
      <label for="tanggalDiterimaKonsumen">Tanggal Diterima Konsumen:</label>
      <input type="date" id="tanggalDiterimaKonsumen" name="tanggalDiterimaKonsumen"><br>
      <label for="kondisi">Kondisi:</label>
      <select id="kondisi" name="kondisi">
        <option value="Baik">Baik</option>
        <option value="Kurang Baik">Kurang Baik</option>
        <option value="Rusak">Rusak</option>
      </select><br>
      <label for="ukuran">Ukuran:</label>
      <input type="text" id="ukuran" name="ukuran"><br>
      <label for="kualitasCetakan">Kualitas Cetakan:</label>
      <input type="text" id="kualitasCetakan" name="kualitasCetakan"><br>
      <button type="button" id="tambah" onclick="tambahDataInspeksi()">Tambah</button>
      <button type="button" id="ubah" onclick="ubahDataInspeksi()" disabled>Ubah</button>
      <button type="button" id="hapus" onclick="hapusDataInspeksi()" disabled>Hapus</button>
    </form>
    <br>
    <table>
      <thead>
        <tr>
          <th>Nomor Seri</th>
          <th>Tanggal Produksi</th>
          <th>Tanggal Inspeksi</th>
          <th>Tanggal Diterima Konsumen</th>
          <th>Kondisi</th>
          <th>Ukuran</th>
          <th>Kualitas Cetakan</th>
          <th>Edit Data</th>
        </tr>
      </thead>
      <tbody id="daftar-inspeksi"></tbody>
    </table>
    <script>Kode JavaScript</script>
  </body>
</html>

Kode HTML ini adalah kode dasar untuk membuat sebuah aplikasi data list hasil inspeksi produk. Terdapat tag-tag HTML yang digunakan untuk membuat header, form input, dan tabel yang akan digunakan untuk menampilkan daftar hasil inspeksi produk.

Di bagian head, terdapat judul halaman dan kode CSS yang akan digunakan untuk mempercantik tampilan halaman.

Di bagian body, terdapat form input yang digunakan untuk memasukkan data hasil inspeksi produk. Form ini terdiri dari beberapa label, input, dan button. Terdapat juga tabel yang akan digunakan untuk menampilkan daftar hasil inspeksi produk.

Di bagian akhir, terdapat kode JavaScript yang akan digunakan untuk mengolah data yang diinputkan melalui form dan menampilkan hasil di tabel.

Sebagai kesimpulan, kode ini merupakan kode dasar untuk membuat aplikasi data list hasil inspeksi produk dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

2. CSS


/* CSS untuk styling tabel */
      table {
        border-collapse: collapse;
        width: 100%;
      }
      th, td {
        border: 1px solid #ddd;
        padding: 8px;
        text-align: left;
      }
      th {
        background-color: #f2f2f2;
      }

Kode di atas adalah sebuah kode CSS (Cascading Style Sheets) yang digunakan untuk memformat sebuah tabel. CSS ini akan membuat bingkai tabel menjadi bersebrangan dan lebar tabel akan sepenuhnya mengisi lebar layar.

Pada setiap baris data (td), garis bawah akan ditambahkan sebagai pemisah antar baris. Padding 8px juga ditambahkan pada setiap baris untuk memastikan isi data tidak langsung menyentuh bingkai tabel.

Di baris 7, warna latar belakang pada header tabel (th) diterapkan dengan warna #f2f2f2.

Semua elemen teks pada tabel akan diatur untuk berada di sebelah kiri, mengikuti alur baca dari kiri ke kanan.

3. JavaScript


// Array untuk menyimpan data inspeksi materai
      let dataInspeksi = [
        {
          nomorSeri: 'M0001',
          tanggalProduksi: '2022-01-01',
          tanggalInspeksi: '2022-01-02',
          tanggalDiterimaKonsumen: '2022-01-03',
          kondisi: 'Baik',
          ukuran: '5 x 6 cm',
          kualitasCetakan: 'Baik'
        },
        {
          nomorSeri: 'M0002',
          tanggalProduksi: '2022-01-01',
          tanggalInspeksi: '2022-01-02',
          tanggalDiterimaKonsumen: '2022-01-03',
          kondisi: 'Kurang Baik',
          ukuran: '5 x 6 cm',
          kualitasCetakan: 'Kurang Baik'
        }
      ];
      // Fungsi untuk menampilkan data inspeksi materai
      function tampilkanDataInspeksi() {
        let dataInspeksiHTML = '';
        dataInspeksi.forEach((inspeksi, index) => {
          dataInspeksiHTML += `
            <tr>
              <td>${inspeksi.nomorSeri}</td>
              <td>${inspeksi.tanggalProduksi}</td>
              <td>${inspeksi.tanggalInspeksi}</td>
              <td>${inspeksi.tanggalDiterimaKonsumen}</td>
              <td>${inspeksi.kondisi}</td>
              <td>${inspeksi.ukuran}</td>
              <td>${inspeksi.kualitasCetakan}</td>
              <td>
                <button onclick="ubahDataInspeksi(${index})">Ubah</button>
                <button onclick="hapusDataInspeksi(${index})">Hapus</button>
              </td>
            </tr>
          `;
        });
        // Tampilkan data inspeksi di dalam elemen dengan id #daftar-inspeksi
        document.getElementById('daftar-inspeksi').innerHTML = dataInspeksiHTML;
      }
      // Fungsi untuk menambah data inspeksi materai
      function tambahDataInspeksi() {
        // Ambil data dari form
        const nomorSeri = document.getElementById('nomorSeri').value;
        const tanggalProduksi = document.getElementById('tanggalProduksi').value;
        const tanggalInspeksi = document.getElementById('tanggalInspeksi').value;
        const tanggalDiterimaKonsumen = document.getElementById('tanggalDiterimaKonsumen').value;
        const kondisi = document.getElementById('kondisi').value;
        const ukuran = document.getElementById('ukuran').value;
        const kualitasCetakan = document.getElementById('kualitasCetakan').value;
        // Validasi input
        if (!nomorSeri || !tanggalProduksi || !tanggalInspeksi || !tanggalDiterimaKonsumen || !kondisi || !ukuran || !kualitasCetakan) {
          alert('Mohon lengkapi data yang diperlukan');
          return;
        }
        // Tambah data inspeksi ke dalam array
        dataInspeksi.push({
          nomorSeri: nomorSeri,
          tanggalProduksi: tanggalProduksi,
          tanggalInspeksi: tanggalInspeksi,
          tanggalDiterimaKonsumen: tanggalDiterimaKonsumen,
          kondisi: kondisi,
          ukuran: ukuran,
          kualitasCetakan: kualitasCetakan
        });
        // Tampilkan data inspeksi
        tampilkanDataInspeksi();
        // Bersihkan form
        document.getElementById('form-inspeksi').reset();
      }
      // Fungsi untuk mengubah data inspeksi materai
      function ubahDataInspeksi(index) {
        // Ambil data dari array
        const inspeksi = dataInspeksi[index];
        // Isi form dengan data yang akan diubah
        document.getElementById('nomorSeri').value = inspeksi.nomorSeri;
        document.getElementById('tanggalProduksi').value = inspeksi.tanggalProduksi;
        document.getElementById('tanggalInspeksi').value = inspeksi.tanggalInspeksi;
        document.getElementById('tanggalDiterimaKonsumen').value = inspeksi.tanggalDiterimaKonsumen;
        document.getElementById('kondisi').value = inspeksi.kondisi;
        document.getElementById('ukuran').value = inspeksi.ukuran;
        document.getElementById('kualitasCetakan').value = inspeksi.kualitasCetakan;
        // Aktifkan tombol ubah dan hapus
        document.getElementById('ubah').disabled = false;
        document.getElementById('hapus').disabled = false;
        // Tambahkan event click pada tombol ubah
        document.getElementById('ubah').onclick = function() {
          // Ubah data di dalam array
          dataInspeksi[index] = {
            nomorSeri: document.getElementById('nomorSeri').value,
            tanggalProduksi: document.getElementById('tanggalProduksi').value,
            tanggalInspeksi: document.getElementById('tanggalInspeksi').value,
            tanggalDiterimaKonsumen: document.getElementById('tanggalDiterimaKonsumen').value,
            kondisi: document.getElementById('kondisi').value,
            ukuran: document.getElementById('ukuran').value,
            kualitasCetakan: document.getElementById('kualitasCetakan').value
          };
          // Tampilkan data inspeksi
          tampilkanDataInspeksi();
          // Bersihkan form
          document.getElementById('form-inspeksi').reset();
          // Nonaktifkan tombol ubah dan hapus
          document.getElementById('ubah').disabled = true;
          document.getElementById('hapus').disabled = true;
        }
      }
      // Fungsi untuk menghapus data inspeksi materai
      function hapusDataInspeksi(index) {
        // Hapus data di dalam array
        dataInspeksi.splice(index, 1);
        // Tampilkan data inspeksi
        tampilkanDataInspeksi();
        // Bersihkan form
        document.getElementById('form-inspeksi').reset();
        // Nonaktifkan tombol ubah dan hapus
        document.getElementById('ubah').disabled = true;
        document.getElementById('hapus').disabled = true;
      }
      // Tampilkan data inspeksi saat halaman di-load
      tampilkanDataInspeksi();

Kode ini adalah sebuah program JavaScript yang digunakan untuk memanajemen data inspeksi materai. Terdapat beberapa fungsi utama yaitu:

  • Fungsi tampilkanDataInspeksi(): Fungsi ini akan menampilkan data inspeksi materai dalam bentuk tabel. Data inspeksi disimpan dalam sebuah array dataInspeksi, kemudian diteruskan ke dalam elemen HTML dengan id "daftar-inspeksi".
  • Fungsi tambahDataInspeksi(): Fungsi ini akan menambahkan data inspeksi baru ke dalam array dataInspeksi. Data baru diambil dari form input dengan id "form-inspeksi". Validasi dilakukan untuk memastikan semua field form sudah terisi sebelum menambahkan data.
  • Fungsi ubahDataInspeksi(index): Fungsi ini akan mengubah data inspeksi yang sudah ada pada array dataInspeksi. Parameter index digunakan untuk menentukan posisi data inspeksi yang akan diubah dalam array. Data baru diambil dari form input dengan id "form-inspeksi".
  • Fungsi hapusDataInspeksi(index): Fungsi ini akan menghapus data inspeksi pada posisi tertentu dalam array dataInspeksi. Parameter index digunakan untuk menentukan posisi data inspeksi yang akan dihapus dalam array.

Semua fungsi ini dapat dipanggil melalui tombol yang ada pada tabel.


Kesimpulan


Aplikasi inspeksi produk dapat dibuat menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. HTML digunakan untuk membuat struktur halaman, CSS digunakan untuk mempercantik tampilan halaman, dan JavaScript digunakan untuk menambahkan interaksi dan logika pada aplikasi.

Aplikasi inspeksi produk yang dibuat dengan HTML, CSS, dan JavaScript dapat memberikan kemudahan dan efisiensi dalam melakukan inspeksi produk, seperti mempermudah input data, mempermudah akses data, dan mempermudah proses analisis data.

Aplikasi inspeksi produk yang dibuat menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript harus memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna.

Fungsionalitas aplikasi harus sesuai dengan kebutuhan dan harus memiliki logika yang jelas.
Aplikasi inspeksi produk harus memiliki keamanan dan keamanan data yang baik, sehingga data yang diolah aman dan terjaga privasinya.

Dukungan teknis dan pemeliharaan harus tersedia dan terus ditingkatkan untuk memastikan aplikasi berjalan dengan lancar dan efisien.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Zoneamedia
    Zoneamedia February 3, 2023 at 9:14 AM

    Article Requests : Aplikasi para seniman untuk menggambar dan melukis Rp. 50.000

    • Samuel Pasaribu
      Samuel Pasaribu February 6, 2023 at 1:00 PM

      true

Add Comment
comment url