Source Code Kalkulator Sederhana Menggunakan Javascript


Source Code Kalkulator Sederhana Seperti yang kita ketahui, Kalkulator adalah perangkat portabel yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk melakukan berbagai fungsi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar kuadrat, dll.

Saya mendorong Anda untuk mencoba dan membuat kalkulator sendiri sebelum mengambil pelajaran. Ini adalah latihan yang bagus, karena Anda akan melatih diri Anda untuk berpikir seperti seorang pengembang yang membuat kalkulator dengan pengkodean.

Cara terbaik untuk mempelajari JavaScript adalah dengan membangun proyek. Jika Anda ingin menjadi pengembang web yang baik, Anda harus mulai membuat proyek sesegera mungkin. Anda bisa mulai dengan membuat proyek tingkat awal seperti kalkulator sederhana ini.


Download Source Code


Disini saya membagikan source code kalkulator yang dibuat menggunakan html, css, dan javascript. Anda dapat membuat kalkulator sederhana hanya dengan menggunakan teknologi inti web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Kalkulator ini dapat melakukan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Sekarang Anda bisa mendownload source code membuat kalkulator dengan javascript melalui tombol dibawah ini.

source-code-kalkulator

Source code yang digunakan dalam proyek ini tersedia di Repositories GitHub dan gratis untuk Anda gunakan di bawah lisensi MIT. Jika Anda ingin melihat versi langsung dari proyek ini, Anda dapat melihat demo ini.

Cara Membuat Kalkulator Dengan Html, Css, dan Javascript


Berikut ini adalah cara membuat kalkulator dengan html, css, dan javascript:

Pertama buat folder root yang berisi file HTML, CSS, dan JavaScript. Anda dapat memberi nama folder apa pun yang Anda inginkan. Di sini folder root saya beri nama script-kalkulator misalnya. Menurut konvensi penamaan standar, file HTML, CSS, dan JavaScript masing-masing diberi nama index.html, styles.css, dan script.js.

📁 This PC script-kalkulator


Untuk melihat hasil tampilan dari kalkulator yang dibuat Anda bisa membuka dan klik file index.html untuk menjalankannya.



Fitur Kalkulator


Dalam proyek ini, Anda akan mengembangkan kalkulator yang memiliki fitur-fitur berikut:

  • Kalkulator ini akan melakukan operasi aritmatika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.
  • Program kalkulator ini akan melakukan operasi desimal.
  • Kalkulator akan menampilkan Infinity jika Anda mencoba membagi angka apa pun dengan nol.
  • Itu tidak akan menampilkan hasil apa pun jika ekspresi tidak valid. Misalnya, 4++5 tidak akan menampilkan apa pun.
  • Hapus fitur layar untuk menghapus tampilan layar kapan pun Anda mau.


Penelusuran terkait



Kesimpulan


Sekarang Anda dapat meningkatkan keterampilan pengkodean Anda dengan mengembangkan source code untuk membuat proyek sederhana, apakah Anda seorang pemula atau Anda kembali ke pengkodean setelah beberapa waktu lama beristirahat. Membuat aplikasi yang berfungsi penuh, bahkan yang sederhana, dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Demikian posting kali tentang cara membuat kalkulator dengan html, css dan javascript. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url