Cara Mengedit Tulisan Berbayang di Judul Blog

Mengedit Tulisan Berbayang di Judul Blog

Cara Mengedit Tulisan Berbayang di Judul Blog - Salah satu fungsi dari kode css adalah mempercantik dan memperindah tampilan sebuah website ataupun blog. Selain itu kita dapat membuat tulisan berbayang di judul blog dengan bantuan kode css yang akan kita edit agar dapat memperindah tampilan blog menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. 

Mengedit tulisan berbayang di judul blog adalah salah satu cara sederhana untuk mendesain tampilan blog. memperindah tampilan blog tentunya dapat menarik minat para visitor agar blog yang kita desain ramah pengunjung. Selain membuat tulisan berbayang di judul blog, kita juga dapat membuat semua tulisan yang ada di blog menjadi efek berbayang juga.
 

Sebelum membuat tulisan berbayang pada bagian judul blog (header) kita harus mengetahui terlebih dahulu letak codingan css di template blog yang digunakan. karena pada umumnya template yang digunakan para blogger memiliki versi yang berbeda-beda. Tapi jika Anda memahami bahasa html dan css mungkin hal ini tidak menjadi masalah. hanya sedikit mengganti kode a misalnya ke kode b di template blog yang akan kita edit.

Cara Mengedit Tulisan Berbayang di Judul Blog


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat tulisan berbayang khusunya di template bawaan blogger yang saya gunakan yaitu tema contempo. jika Anda ingin explore dengan berbagai efek bayangan yang lainnya, hal tersebut juga bisa Anda sesuaikan sendiri. untuk informasi yang lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi langsung ke situs http://www.cssportal.com/css3-text-shadow-generator/ dengan pengaturan teks berbayang yang lebih variatif lagi.

Dalam tutorial ini text yang akan saya gunakan sangat sederhana dan hanya sedikit saja untuk pergantian kodenya agar tidak berlebihan. Tetapi nanti kalian bisa sesuaikan sendiri karakter text bayangan yang mau dibuat seperti apa. Berikut adalah tutorial dan langkah-langkah untuk Cara Mengedit Tulisan Berbayang di Judul Blog :

Langkah 1: Seperti biasa login ke blog, setelah itu di dashboard blogger pilih tema → sesuaikan → edit html.

Langkah 2: Selanjutnya pada editor template silahkan Anda cari kode ini .Header h1 {, ketikkan saja kata kuncinya header h1 arahkan kursor ke editor. Setelah itu tekan tombol ctrl+f lalu enter untuk mencari kodenya agar lebih mudah dan cepat. Contohnya agar lebih jelas seperti kode di bawah ini.


Langkah 3: Sekarang tambahkan kode dan Anda bisa sesuaikan kode dari situs cssportal.com. misalnya seperti kode yang akan saya gunakan text-shadow: 0px 0px 5px #D5E342; dan saya letakkan di bawah kode text-align:center; dan sekarang posisi kode akan menjadi seperti di bawah ini.


Untuk text warna efek bayangannya (#D5E342;) seperti kode di atas bisa Anda ganti dengan kode warna lain. Jika Anda bingung ingin mencari warna yang akan digantikan, bisa mencarinya di Tools Color Picker yang ada di halaman blog sederhana ini.
 
Langkah 4: Sekarang silahkan lakukan review terlebih dahulu sebelum Anda menyimpan perubahan template tersebut, dan jika Anda sudah melihat hasil bayangan teks di bagian judul blog, maka proses sudah berhasil dan sekarang silahkan save tema.

Keterangan :

text-shadow: 0px 0px 5px #D5E342; merupakan susunan letak horizontal dan vertikal dari teks berbayang, sedangkan pada kode #D5E342; merupakan kode warna dari tulisan efek bayangan tersebut. 


Penutup


Jika sobat mengikuti langkah-langkah tutorial diatas dari awal hingga selesai dengan benar, pasti ada perubahan pada judul blog yang menghasilkan efek text berbayang. Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat see you in the next tutorial..
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url