Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web

Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web
Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web adalah proses pembelajaran melalui media elektronik terutama internet. Saat ini, e-Learning menjadi media pembelajaran yang digunakan selain tatap muka di kelas. Hal ini disebabkan karena e-Learning memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar maupun mendapatkan ilmu pengetahuan kapan pun dan dimana pun dia berada. E-Learning juga menjadi alternatif bagi peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar dalam tatap muka di kelas.
 
Sistem e-learning berbasis web (online) dengan berbagai macam kelebihan yang saat ini telah mencuri perhatian banyak pihak terutama para kalangan akademik, telah membuka cakrawala di bidang pendidikan dan merupakan cara alternatif yang cocok diterapkan dalam rangka pemahaman terhadap suatu materi ajar di masa pandemi covid 19 ini. Hal ini tidak berarti e-learning menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan konten dan pengembangan teknologi pendidikan.

Dalam hal ini saya membangun sistem e-learning yang dikembangkan adalah web dan berbasis content management system sebagai software pembelajaran. Dengan pemanfaatan e-learning sebagai sarana pembelajaran diharapkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar akan semakin baik.


Dengan adanya aplikasi website e-learning, pengajar (guru) dapat dengan mudah mengirimkan tugas dan materi belajar kepada murid secara real-time. Selain itu, murid juga bisa mengakses pelajaran dan tugas yang diberikan oleh pengajar (guru) kapanpun dimanapun tempatnya dengan mudah.

Selain menghemat waktu, dengan menggunakan aplikasi e-learning juga dapat menghemat pemakaian kertas untuk pembelajaran sekolah. Salah satu contohnya murid juga dapat bisa mengirimkan tugasnya langsung di dalam aplikasi ini.
 

Fitur Aplikasi E-Learning


Aplikasi Website E-Learning Berbasis Web ini dibuat menggunakan codeigniter dengan php dan mysqli sebagai databasenya sehingga frameworknya lebih cepat dan ringan penggunaannya juga lebih mudah. Berikut ini ada beberapa Fitur Aplikasi E-learning :

 

1. Panel Administrator

 
Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web
 
Administrator memiliki otoritas seperti berikut ini :

(+) Input Data Siswa

(+) Input Data Guru

(+) Input Mata Pelajaran

(+) Input Data Kelas

(+) Input Data Jadwal Belajar

Data yang diinput di dalam aplikasi e-learning ini antara lain adalah biodata siswa dan guru, serta username dan password mereka. Yang selanjutnya username dan pasword tersebut di distribusikan pada guru dan siswa untuk mengakses panel dashboard mereka.

Untuk masuk ke panel administrator dibutuhkan username dan password yang bisa anda atur, sehingga hanya admin saja yang bisa mengaksesnya.
 

2. Panel Guru


Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web
 
Panel Guru juga sama seperti panel administrator, dimana panel guru juga dilindungi dengan username dan password yang dibuat oleh admin.

Fitur pada panel guru antara lain seperti berikut :
 
(+) Kirim Tugas : digunakan untuk mengirim materi pembelajaran dan tugas kepada siswa
 
(+) Jadwal Belajar : Pada jadwal belajar guru dapat menambahkan materi, tugas dan informasi pengumuman
 
(+) Pengumuman : Daftar pengumuman yang dibuat oleh guru dan ditujukan untuk siswa 
 

3. Panel Siswa


Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web
 
Panel siswa juga diamankan menggunakan username dan password, fitur yang didapatkan di dalam panel murid seperti berikut :
 
(+) Kotak Masuk (Tugas) : berisi kiriman tugas atau materi yang diberikan oleh guru

(+) Jadwal Mata Pelajaran : fitur untuk menerima jadwal mata pelajaran dari guru kepada siswa

(+) Pengumuman : Informasi Pengumuman yang disampaikan oleh guru kepada siswa
 

4. Tampilan Halaman Website


Pada aplikasi e-learning ini juga dilengkapi dengan halaman website yang dinamis dan responsif dan dapat diakses oleh admin, guru, siswa dan dilengkapi dengan form login yang dapat diakses oleh admin, guru dan siswa. Dapat dilihat seperti berikut ini :

Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web

Languages

PHP
59.7%
CSS 25.4%
Hack
9.3%
HTML
3.9%
JavaScript 1.7%
 
Kelebihan Aplikasi E-Learning Berbasis Web
 
Kelebihan aplikasi ini adalah Anda dapat menggunakanya secara full control, bahkan jika anda bisa menggunakan bahasa pemrograman, bisa juga mengedit source code sesuka hati. Aplikasi ini juga bisa dijadikan pembelajaran daring.

Selain itu Anda bisa menambahkan murid dan guru sebanyak yang anda mau. Semua fitur yang ada di dalamnya sudah gratis tanpa biaya bulanan seperti edmodo.
 
Source Code

Download Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web yang dibuat dengan PHP dan MySQL. Setelah itu jalankan melalui server localhost Anda terlebih dahulu. Jika Anda berminat mendapatkan source code Aplikasi Website Sekolah E-Learning Berbasis Web bisa menghubungi melalui halaman kontak.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url