Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) dan Contohnya

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) dan Contohnya

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) dan Contohnya - CV (Curriculum Vitae) adalah sebuah dokumen yang menandai informasi tentang daftar riwayat hidup dimana kualifikasi seseorang dalam pencari kerja. Informasi yang dimaksud pada sebuah daftar riwayat hidup mencakup seperti data pribadi, latar belakang pendidikan, sebuah prestasi, keterampilan, pengalaman kerja (fresh graduate) dan lain sebagainya. 

Bagi kamu yang baru lulus (fresh graduate) biasanya dari sekolah, kuliah dan masih menganggur, tentu saja sangat mengharapkan suatu lowongan pekerjaan. Apalagi jika pekerjaan yang ditawarkan memang kamu incar atau sesuai dengan bidang yang dimiliki.

Nah, langkah pertama yang harus kamu persiapkan adalah membuat CV (Curriculum Vitae) yang bertujuan sebagai ajang mengenalkan identitas atau mempromosikan diri Anda pada suatu perusahaan yang kamu lamar. 

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae)

 
Salah satu bagian penting dari isi CV dalam melamar pekerjaan adalah keterangan yang mendukung citra profesional tanpa mengaburkan format CV itu sendiri. Selain itu Format CV yang kita buat harus tampak menarik sehingga terkesan menjadi pertimbangan bagi perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Bukankah pelamar kerja bukan hanya kita? You need to make yourself standout among the crowd..

Itulah sebabnya, selain belajar tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, kita juga harus tahu bagaimana membuat CV yang menarik. 
 

Seperti apa CV keren dan menarik itu ?

 
CV (Curriculum Viate) yang keren dan menarik itu seperti kita menghiasai atau mendesain daftar riwayat hidup sendiri dengan menggunakan software microsoft word yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sudah tersedia di software tersebut.
 

Bagaimana Cara Membuatnya ?


Sebenarnya untuk membuat CV (Curriculum Vitae) itu sangatlah mudah tetapi harus membutuhkan keterampilan dalam mendesain  CV itu sendiri. Hanya dengan menggunakan fitur yang tersedia di microsoft word yang Anda gunakan.

Perlu Anda ketahui untuk membuat CV yang menarik sangat diperlukan kemampuan khusus dalam mendesain tampilan-tampilan yang menarik agar menarik simpati sebuah perusahaan tempat Anda melamar nantinya.
 
Bagi Anda yang tertarik untuk membuat CV yang baik dan menarik tetapi kurang memiliki keterampilan dalam masalah mendesain tidak perlu khawatir. 
 
Sebenarnya saya sudah banyak mendesain daftar riwayat hidup, namun saya lupa membackupnya. Jadi saya harus mengulang lagi dari awal demi portfolio. Selain sebagai portfolio, contoh CV ini juga bisa saya jadikan sebagai latihan untuk mendesain dan berbagi untuk Sobatku sekalian secara gratis. 
 
Salah satu hal penting yang perlu diketahui dalam melamar pekerjaan yaitu kita harus membuat cv atau daftar riwayat hidup semenarik mungkin agar dapat menarik simpati perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. 

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) dan Contohnya


Berikut ini adalah 3 hal penting bagaimana Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) dan Contohnya : 
 

1. Mendesain CV Sendiri


Membuat CV yang keren dan menarik mempunyai makna yang luas. Keren dan menarik bagi tim HRD pada suatu perusahaan belum tentu sama keren dan menariknya bagi perusahaan lain. Bidang pekerjaan pun biasanya turut menentukan definisi menarik.

Pekerjaan di bidang industri kreatif cenderung lebih menghargai saat seseorang membuat CV yang menarik, penuh kreativitas, dan generally standout. Tapi jika Sobat Pintar membuat lamaran pekerjaan untuk instansi pemerintah, misalnya, format CV yang cenderung rapi dan konvensional itu lebih dianjurkan lagi.

Saat ini sudah ada situs-situs online maupun aplikasi yang menawarkan jasa pembuatan CV, seperti Canva. Tapi Sobat Pintar masih bisa membuat CV yang menarik di Word, kok! Keep exploring your creativity and create your very own Curriculum Vitae. Dicoba ya, Sobat! 

2. Desain Job App Dan CV


Berikut ini adalah beberapa contoh desain Job App beserta CV kreatif yang sudah saya buatkan dan bisa di download secara free (gratis). khususnya buat yang membutuhkan untuk berkas kelengkapan dalam mencari pekerjaan.
 

3. Download CV (Curriculum Vitae)

 
Disini saya akan membagikan file hasil modifikasi saya secara gratis khusunya buat Anda yang memerlukannya untuk kebutuhan prakerja. Klik tombol di bawah ini untuk mendownload file.
 
Download Here
 
Selain itu template cv ini juga bisa Anda modifikasi / desain semenarik mungkin. Saya harap tidak ada yang mencari keuntungan dengan menjual template tersebut. Karena ini free (gratis) untuk kita gunakan bersama dalam kebutuhan kelengkapan berkas lamaran kerja.
 
Semoga dapat bermanfaat dan membantu buat Sobat semuanya yang sedang mencari pekerjaan dan tetap semangat khususnya untuk para pelamar pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu stay di blog sederhana ini karna kami akan selalu update dan berbagi informasi penting dan menarik lainnya. Terima kasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url